PEMERINTAH KOTA SURABAYA
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3
JL. Jend A Yani No.8, Telp. (031) 8412886, 8417394 Fax.(031) 8416686 Gayungan
SURABAYA 60234
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 3 Surabaya
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekyasa
Program Keahlian : Teknik Kendaraan Ringan
Mata Pelajaran : Melakukan Perawatan dan Perbaikan Sistem Pendingin
Dan komponennya
Kelas/Semester : X / Genap
Waktu : 32x 45 menit. / (Tatap muka di kelas)
Pertemuan ke : 1,2,3 dan 4
Kompetensi : Melakukan Perawatan dan Perbaikan Sistem Pendingin
Dan komponennya
Sub Kompetensi : Memelihara /servis system pendingin dan komponennya
Indikator
1. Sikap
a. Teliti dalam pelaksanaan memelihara/servis system pendingin dan komponennya.
2. Pengetahuan
a. Mengenal pemeliharaan /servis sistem pendingin dan komponen komponennya dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
b. Informasi yang benar diakseas dari spesifikasi pabrik dan dipahami
c. Sistem pendingin dan komponen-komponennya diperbaki dengan menggunakan metode dan peralatan yang tepat ,sesuai dengan spesifikasi dan toleransi.
d. Data yang lengkap dilengkapi sesuai hasil pemeliharaan /servis.
e. Seluruh kegiatan melepas dan memasang sistem pendingin dan komponen dilaksanakan berdasarkan SOP,Undang-undang K3,Peraturan perundang-undangan dan prosedur /kebijakan perusahaan.
3. Keterampilan
a.Terampil (mampu) memelihara/servis system pendingin dan komponennya tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
4. Kinerja
a. Memelihara / servis sistem pendingin
5. Keterampilan Sosial
a. Melakukan komunikasi meliputi, bertanya dan berpendapat.
A. Tujuan Pembelajaran
`1. Sikap
a. Teliti (mampu) dalam hal pelaksanaan Memelihara / servis sistem pendingin dengan benar.
2. Pengetahuan
a. Siswa dapat mengenal pemeliharaan /servis sistem pendingin dan komponen komponennya dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
b. Informasi yang benar diakseas dari spesifikasi pabrik dan dipahami
c. Sistem pendingin dan komponen-komponennya diperbaki dengan menggunakan metode dan peralatan yang tepat ,sesuai dengan spesifikasi dan toleransi.
d. Data yang lengkap dilengkapi sesuai hasil pemeliharaan /servis.
e. Seluruh kegiatan melepas dan memasang sistem pendingin dan komponen dilaksanakan berdasarkan SOP,Undang-undang K3,Peraturan perundang-undangan dan prosedur /kebijakan perusahaan.
3. Keterampilan
a. Siswa terampil (mampu) memelihara servis system pendingin
4. Kinerja
a. Siswa melakukan pemeliharaan servis sistem pendingin tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
5. Keterampilan sosial
a. Terlibat dalam KBM yang berpusat pada siswa, siswa dapat melakukan komunikasi meliputi, bertanya dan berpendapat
B. Alokasi waktu:
32 Jam pelajaran (16 X 45 menit) / Tatap muka
C. Materi Pembelajaran:
Pertemuan 1
a. Prinsip kerja sistem pendingin mesin.
b. Data spesifikasi pabrik..
Pertemuan 2
a.Bagian-bagian sistem pendingin dan komponen-komponennya yang perlu dipelihara/servis.
Pertemuan 3
a. Langkah kerja pemeliharaan /servis sistem pendingin dan komponennya.
b.Pemeliharaan servis sistem pendingin dan komponen –komponennya yang sesuai dengan SOP,K3 peraturan dan prosedur kebijakan perusahaan.
Pertemuan 4
a.Prosedur melepas dan memasang sistem pendingin dan komponennya.
Model dan metode pembelajaran:
1. Model Pembelajaran:
a. Pembelajaran Langsung (MPL)
b. Pembelajaran Ceramah
2. Metode Pembelajaran:pemberian tugas dan tanya jawab.
D. Langkah Kegiatan Belajar Mengajar:
Pertemuan 1
Pendahuluan (± 20 menit)
1. Guru memotivasi siswa pentingnya materi pelajaran yang akan dipelajari 2. Apresisi untuk menciptakan suasana yang kondusif 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran (afektif, kognetif, psikomotorik, kinerja, ketrampilan social) | Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak |
Kegiatan Inti (± 320 menit)
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang : 1. Memahami prinsip kerja sistem pendingin melalui penggalian informasi pada buku manual. 2. Memahami konstruksi sistem pendingin dan komponen-komponennya . | Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak |
Penutup (± 20 menit)
1.Bersama-sama siswa menyimpulkan materi yang di bahas 2.Menginformasikan materi yang akan dipelajari selanjutnya | Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak |
Pertemuan 2
Pendahuluan (± 20 menit)
1.Guru memotivasi siswa pentingnya materi pelajaran yang akan dipelajari 2.Apresisi untuk menciptakan suasana yang kondusif 3.Menyampaikan tujuan pembelajaran (afektif, kognetif, psikomotorik, kinerja, ketrampilan social) | Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak |
Kegiatan Inti (± 320 menit)
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang :
| Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak |
Penutup (± 20 menit)
1.Bersama-sama siswa menyimpulkan materi yang di bahas 2.Menginformasikan materi yang akan dipelajari selanjutnya | Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak |
Pertemuan 3
Pendahuluan (± 20 menit)
1.Guru memotivasi siswa pentingnya materi pelajaran yang akan dipelajari 2.Apresisi untuk menciptakan suasana yang kondusif 3.Menyampaikan tujuan pembelajaran (afektif, kognetif, psikomotorik, kinerja, ketrampilan social) | Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak |
Kegiatan Inti (± 320 menit)
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang :
| Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak |
Penutup (± 20 menit)
1.Bersama-sama siswa menyimpulkan materi yang di bahas 2.Menginformasikan materi yang akan dipelajari selanjutnya | Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak |
Pertemuan 4
Pendahuluan (± 20 menit)
1.Guru memotivasi siswa pentingnya materi pelajaran yang akan dipelajari 2.Apresisi untuk menciptakan suasana yang kondusif 3.Menyampaikan tujuan pembelajaran (afektif, kognetif, psikomotorik, kinerja, ketrampilan social) | Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak |
Kegiatan Inti (± 320 menit)
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang :
| Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak |
Penutup (± 20 menit)
1.Bersama-sama siswa menyimpulkan materi yang di bahas 2.Menginformasikan materi yang akan dipelajari selanjutnya | Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak |
- Bahan dan Alat
Bahan : 1. Satu Unit engine
Alat : 1. Satu set kunci pas dan ring
2.Tool Box
3.Kain / majun
Sumber Belajar
Ø Modul servis system pendingin
Ø Buku manual
Ø Unit kendaraan
Ø Special tool
- Penilaian
Ø Test tertulis
Ø Wawancara
Ø Observasi
Mengetahui.
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. SOFYAN ST.MT …………………….
Nip.19600727 198603 1 020 Nip.
,
PEMERINTAH KOTA SURABAYA
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3
JL. Jend A Yani No.8, Telp. (031) 8412886, 8417394 Fax.(031) 8416686 Gayungan
SURABAYA 60234
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 3 Surabaya
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekyasa
Program Keahlian : Teknik Kendaraan Ringan
Mata Pelajaran : Melakukan Perawatan dan Perbaikan Sistem Pendingin
Dan komponennya
Kelas/Semester : X / Genap
Waktu : 32x 45 menit. / (Tatap muka di kelas)
Pertemuan ke : 5 dan 6
Kompetensi : Melakukan Perawatan dan Perbaikan Sistem Pendingin
Dan komponennya
Sub Kompetensi : Memperbaiki system pendingin dan komponennya
Indikator
1. Sikap
a. Teliti dalam pelaksanaan memelihara/servis system pendingin dan komponennya.
2. Pengetahuan
- Perbaikan sistem pendingin diselesaikan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
- Informasi yang benar diakseas dari spesifikasi pabrik dan dipahami
- Sistem pendingin dan komponen-komponennya diperbaki dengan menggunakan metode dan peralatan yang tepat ,sesuai dengan spesifikasi dan toleransi terhadap kendaraan sistem.
- Data yang lengkap dilengkapi sesuai hasil pemeliharaan /servis.
- Seluruh kegiatan melepas dan memasang sistem pendingin dan komponen dilaksanakan berdasarkan SOP,Undang-undang K3,Peraturan perundang-undangan dan prosedur /kebijakan perusahaan.
3. Keterampilan
a.Terampil (mampu) memperbaki system pendingin dan komponennya tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
4. Kinerja
a.Memperbaki sistem pendingin
5. Keterampilan Sosial
a.Melakukan komunikasi meliputi, bertanya dan berpendapat.
A. Tujuan Pembelajaran
`1. Sikap
a. Teliti (mampu) dalam hal pelaksanaan Memelihara / servis sistem pendingin dengan benar.
2. Pengetahuan
a. Siswa dapat mengenal perbaikan sistem pendingin dan komponen komponennya dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
b. Informasi yang benar diakseas dari spesifikasi pabrik dan dipahami
c. Sistem pendingin dan komponen-komponennya diperbaki dengan menggunakan metode dan peralatan yang tepat ,sesuai dengan spesifikasi dan toleransi.
d. Data yang lengkap dilengkapi sesuai hasil pemeliharaan /servis.
e. Seluruh kegiatan melepas dan memasang sistem pendingin dan komponen dilaksanakan berdasarkan SOP,Undang-undang K3,Peraturan perundang-undangan dan prosedur /kebijakan perusahaan.
3. Keterampilan
a. Siswa terampil (mampu) memelihara servis system pendingin
4. Kinerja
a. Siswa melakukan pemeliharaan servis sistem pendingin tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
5. Keterampilan sosial
a. Terlibat dalam KBM yang berpusat pada siswa, siswa dapat melakukan komunikasi meliputi, bertanya dan berpendapat
B. Alokasi waktu:
16 Jam pelajaran (16 X 45 menit) / Tatap muka
C. Materi Pembelajaran:
Pertemuan 1
a. Konstruksi dan prinsip kerja sistem pendinginnan engine.
b. Identifikasi kerusakan dan penggantian / perbaikan komponen yang rusak
Pertemuan 2
a. Pengujian komponen sistem
b. Standart prosedur keselamatan
D. Model dan metode pembelajaran:
1.Model Pembelajaran:
a.Pembelajaran Langsung (MPL)
b.Pembelajaran Ceramah
2.Metode Pembelajaran:pemberian tugas dan tanya jawab.
Langkah Kegiatan Belajar Mengajar:
Pertemuan 5
Pendahuluan (± 20 menit)
| Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak |
Kegiatan Inti (± 320 menit)
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang : 1. Mematuhi keselamatan kerja sesuai dengan SOP 2. Prosedur perbaikan ,pelepasan dan penggantian 3. Konstruksi dan kerja sistem pendingin 4. Prosedur pengujian komponen sistem. | Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak |
Penutup (± 20 menit)
1.Bersama-sama siswa menyimpulkan materi yang di bahas 2.Menginformasikan materi yang akan dipelajari selanjutnya | Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak |
Pertemuan 6
Pendahuluan (± 20 menit)
| Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak |
Kegiatan Inti (± 320 menit)
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang :
| Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak |
Penutup (± 20 menit)
1.Bersama-sama siswa menyimpulkan materi yang di bahas 2.Menginformasikan materi yang akan dipelajari selanjutnya | Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak |
- Bahan dan Alat
Bahan : 1. Satu Unit engine
Alat : 1. Satu set kunci pas dan ring
2.Tool Box
3.Kain / majun
Sumber Belajar
Ø Modul servis system pendingin
Ø Buku manual
Ø Unit kendaraan
Ø Special tool
- Penilaian
Ø Test tertulis
Ø Wawancara
Ø Observasi
Mengetahui.
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. SOFYAN ST.MT …………………….
Nip.19600727 198603 1 020 Nip.
,
PEMERINTAH KOTA SURABAYA
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3
JL. Jend A Yani No.8, Telp. (031) 8412886, 8417394 Fax.(031) 8416686 Gayungan
SURABAYA 60234
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 3 Surabaya
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekyasa
Program Keahlian : Teknik Kendaraan Ringan
Mata Pelajaran : Melakukan Perawatan dan Perbaikan Sistem Pendingin
Dan komponennya
Kelas/Semester : X / Genap
Waktu : 32x 45 menit. / (Tatap muka di kelas)
Pertemuan ke : 7,8, dan 9
Kompetensi : Melakukan Perawatan dan Perbaikan Sistem Pendingin
Dan komponennya
Sub Kompetensi : Overhoul komponen system pendingin
Indikator
1. Sikap
a. Teliti dalam overhoul system pendingin.
2. Pengetahuan
- Overhoul sistem pendingin dan komponen komponennya dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
- Informasi yang benar diakseas dari spesifikasi pabrik dan dipahami
- Komponen Sistem pendingin dan komponen-komponennya di overhoul dan diperbaki berdasarkan spesifikasi dan toleransi yang ditentukan pabrik.
- Data yang lengkap dilengkapi sesuai hasil pemeliharaan /servis.
- Seluruh overhoul dan perbaikan dilaksanakan berdasarkan SOP,Undang-undang K3,Peraturan perundang-undangan dan prosedur /kebijakan perusahaan.
3. Keterampilan
a.Terampil (mampu) meng-overhoul system pendingin dan komponennya tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
4. Kinerja
a.Meng-overhoul sistem pendingin
5. Keterampilan Sosial
a.Melakukan komunikasi meliputi, bertanya dan berpendapat.
B. Tujuan Pembelajaran
1. Sikap
a. Teliti (mampu) dalam hal pelaksanaan Memelihara / servis sistem pendingin dengan benar.
2. Pengetahuan
a. Siswa dapat mengenal pemeliharaan /servis sistem pendingin dan komponen komponennya dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
b. Informasi yang benar diakseas dari spesifikasi pabrik dan dipahami
c. Overthoul sistem pendingin dan komponen-komponennya diperbaki dengan menggunakan metode dan peralatan yang tepat ,sesuai dengan spesifikasi dan toleransi.
d. Data yang lengkap dilengkapi sesuai hasil pemeliharaan /servis.
e. Seluruh kegiatan melepas dan memasang sistem pendingin dan komponen dilaksanakan berdasarkan SOP,Undang-undang K3,Peraturan perundang-undangan dan prosedur /kebijakan perusahaan.
3. Keterampilan
a. Siswa terampil (mampu) memelihara servis system pendingin
4. Kinerja
a. Siswa melakukan pemeliharaan servis sistem pendingin tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
5. Keterampilan sosial
a.Terlibat dalam KBM yang berpusat pada siswa, siswa dapat melakukan komunikasi meliputi, bertanya dan berpendapat
B. Alokasi waktu:
32 Jam pelajaran (16 X 45 menit) / Tatap muka
C. Materi Pembelajaran:
Pertemuan 1
a. Peralatan dan alat penguji overhoul sistem pendinginan.
Pertemuan 2
a. prosedur overhoul komponen sistem pendinginan.
Pertemuan 3
a. Data spesifikasi pabrik
Model dan metode pembelajaran:
1.Model Pembelajaran:
a. Pembelajaran Langsung (MPL)
b. Pembelajaran Ceramah
2.Metode Pembelajaran:pemberian tugas dan tanya jawab.
D. Langkah Kegiatan Belajar Mengajar:
Pertemuan 7
Pendahuluan (± 20 menit)
| Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak |
Kegiatan Inti (± 320 menit)
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang : 1. Mempelajari prinsip kerja sistem pendingin melalui penggalian informasi dari buku panduan. 2. Mempelajari konstruksi dan funsi sistem pendingin dan komponen-komponennya melalui penggalian informasi dari buku panduan. 3. Mengidentifikasi peralatan overhoul sistem pendingina sesuai spesifikasai pabrik | Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak |
Penutup (± 20 menit)
1.Bersama-sama siswa menyimpulkan materi yang di bahas 2.Menginformasikan materi yang akan dipelajari selanjutnya | Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak |
Pertemuan 8
Pendahuluan (± 20 menit)
1.Guru memotivasi siswa pentingnya materi pelajaran yang akan dipelajari 2.Apresisi untuk menciptakan suasana yang kondusif 3.Menyampaikan tujuan pembelajaran (afektif, kognetif, psikomotorik, kinerja, ketrampilan social) | Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak |
Kegiatan Inti (± 320 menit)
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang :
| Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak |
Penutup (± 20 menit)
1.Bersama-sama siswa menyimpulkan materi yang di bahas 2.Menginformasikan materi yang akan dipelajari selanjutnya | Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak |
Pertemuan 9
Pendahuluan (± 20 menit)
1.Guru memotivasi siswa pentingnya materi pelajaran yang akan dipelajari 2.Apresisi untuk menciptakan suasana yang kondusif 3.Menyampaikan tujuan pembelajaran (afektif, kognetif, psikomotorik, kinerja, ketrampilan social) | Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak |
Kegiatan Inti (± 320 menit)
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang :
| Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak |
Penutup (± 20 menit)
1.Bersama-sama siswa menyimpulkan materi yang di bahas 2.Menginformasikan materi yang akan dipelajari selanjutnya | Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak |
E.Bahan dan Alat
Bahan : 1. Satu Unit engine
Alat : 1. Satu set kunci pas dan ring
2.Tool Box
3.Kain / majun
Sumber Belajar
Ø Modul servis system pendingin
Ø Buku manual
Ø Unit kendaraan
Ø Special tool
F.Penilaian
Ø Test tertulis
Ø Wawancara
Ø Observasi
Mengetahui.
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. SOFYAN ST.MT …………………….
Nip.19600727 198603 1 020 Nip.
,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar